Kamis, 13 Agustus 2020

4 Cara Melindungi Laptop Mac Anda Dari Ransomware!

4 Cara Melindungi Laptop Mac Anda Dari Ransomware!

 4 Cara Melindungi Laptop Mac Anda Dari Ransomware! - Sistem operasi PC dan Laptop Apple, macOS memiliki reputasi keamanan yang relatif baik karena keamanan Apple yang ketat, tetapi tidak ada platform yang aman dari serangan. Ransomware hanyalah salah satu contohnya, dan ini adalah masalah yang terus berkembang. Berikut ini 4 cara menjaga keamanan Mac Anda.

Pahami Dulu Apa itu Ransomware!

apa itu ransomware

Seperti namanya, ransomware akan mengambil data komputer Anda, atau informasi yang tersimpan di dalamnya, menyandera dan meminta tebusan untuk mengembalikan semua data Anda. Beberapa ransomware Windows yang sangat awal diketahui membatasi akses ke mesin Anda sepenuhnya. Namun, jenis ransomware kebanyakan mengenkripsi data Anda dengan kunci yang tidak Anda ketahui.

Dengan mesin atau data Anda yang disandera, Anda harus membayar atau membeli kunci tersebut ke pihack hacker agar data dan komputer Anda bisa diakses lagi. Tebusan ini mungkin berupa uang tunai yang dikirim melalui layanan online, seperti PayPal atau Western Union, atau gift voucher untuk layanan seperti Xbox Live, atau bahkan Bitcoin atau cryptocurrency lain yang tidak dapat dilacak.

Meskipun ransomware dapat memulihkan akses ke komputer atau data Anda setelah Anda membayar, namun tidak semua ransomware seperti itu. Beberapa ransomware telah diketahui dapat menghapus data seluruhnya, membuat pengambilan tidak mungkin dilakukan. Itulah mengapa terlibat dalam scam seperti ini adalah ide yang buruk. Intinya walaupun sudah dibayar, ada ransomware yang jahil dan menghapus data Anda.

Untungnya, ada beberapa cara untuk melindungi diri Anda sendiri. Sama seperti banyak penipuan online lainnya, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menghindari aktivitas yang membuat Anda berisiko. Berikut ini 4 cara melindungi mac anda dari ransomware!

Jangan Gunakan Software Bajakan!

Salah satu faktor utama penyebaran ransomware adalah penggunaan software bajakan. Pada Juni 2020, Malwarebytes menemukan ransomware "ThiefQuest" (awalnya dijuluki "EvilQuest") yang bersembunyi di crack bajakan program Little Snitch.

Biasanya ransomware ini menyebar melalui program hasil download dari BitTorrents. Torrent ini dibagikan jauh dan luas, dan dilacak oleh pelacak "arus utama", seperti The Pirate Bay. Anda tidak perlu mencari-cari di internet untuk mencari forum yang meragukan untuk menemukan beberapa pemasang yang berpotensi terinfeksi.

ransomware


Jangan gunakan software bajakan yang di download dari sumber yang tidak dikenal di Google. Mereka 90% sudah disusupi malware dan ransomeware yang berbahaya.

Jangan juga membeli software original dengan embel embel murah! Tidak ada software original yang murah! JAngan tergiur, 100% itu pasti software bajakan!

Berhati-hati Saat Online

Bukan hanya perangkat lunak bajakan yang menyebarkan malware. Hampir semua file yang dapat dijalankan dapat menjadi ancaman, jadi sebaiknya gunakan akal sehat setiap kali Anda mengunduh dan menginstall program. Inilah salah satu alasan Apple memperkenalkan Gatekeeper, yang mendukung Mac App Store dan aplikasi yang ditandatangani dari Pengembang Apple bersertifikat.

gatekeeper macos


Saat Anda mencoba memasang aplikasi yang melanggar aturan ini, Gatekeeper akan memberi tahu Anda bahwa aplikasi tidak dapat dipasang karena bukan dari pengembang yang teridentifikasi. Anda dapat memilih untuk mengabaikan ini (di bawah System Preferences> Security and Privacy). Namun, Anda kemudian menanggung risiko apa pun yang terlibat dalam menjalankan perangkat lunak yang bisa datang dari mana saja.

Rajin Backup

Backup itu penting. Anda harus melakukan backup secara lokal ke hard disk eksternal melalui aplikasi Time Machine. Anda juga harus menjalankan remote backup jika terjadi kecelakaan yang menyebabkan laptop Anda rusak.

time machine


Backup juga sangat penting untuk melawan ransomeware. Namun ada beberapa aturan yang harus diikuti. Pertama, Anda harus memutuskan sambungan backup aplikasi Time Machine saat tidak digunakan. Pada macOS sebelum versi Catalina,aplikasi program dapat mengakses semua data kecuali bagian paling sensitif dari drive sistem Anda, termasuk drive eksternal yang terhubung.


Jadi untuk menggunakan aplikasi Time Machine, jangan di konek terus terus. Cukup gunakan time machine jika ingin backup. Buatlah jadwal backup perminggu atau 3 hari sekali untuk jaga jaga.

Gunakan Anti Malware

Sebenarnya di macOS Anda tidak perlu install anti malware lagi karena keamanan macOS udah mumpuni. Tapi untuk mereka yang parnoan, ada baiknya jaga-jaga. Ya anggap aja sebagai keamanan dua layer.


Untuk aplikasi anti malware paling umum bisa pakai pertimbangkan Malwarebytes. Versi gratisnya akan membantu Anda menghapus malwareyang diketahui, sedangkan versi berbayar (yang mungkin tidak Anda perlukan) menawarkan perlindungan secara real time.


Itu dia 4 cara melindungi laptop mac Anda dari ransomware! Selalu update dengan kunjungi www.legoblogger.com ya!