Selasa, 11 Agustus 2020

Pasca Beirut, Ini 5 Ledakan Terbesar Sepanjang Masa!

Pasca Beirut, Ini 5 Ledakan Terbesar Sepanjang Masa!

Ledakan di Beirut yang terjadi pada 4 agustus 2020 sangat menyentuh dan berdampak bagi dunia. Tetapi apakah ledakan di Beirut ini merupakan ledakan terbesar sepanjang sejaran dunia?

Sebenarnya ada banyak ledakan yang lebih besar, contohnya saja ledakan buatan seperti ledakan hasil tes nuklir. Tetapi karena itu dalam kondisi yang dikontrol dan tidak ada korban jiwa, jadi ledakan tersebut tidak masuk dalam daftar ini ya.

Berikut ini daftar 5 ledakan terbesar sepanjang masa yang merenggut korban jiwa!


1. Hiroshima

bom hiroshima

Ledakan terbesar sepanjang masa yang pertama adalah ledakan bom nuklir atom yang terjadi di Hiroshima pada 6 Agustus 1945.

Ledakan Bom Hiroshima ini merenggut 90,000 hingga 146,000 nyawa masyarakat Jepang yang berada di kota Hiroshima.

Bom yang jatuh di kota Hiroshima ini dinamakan Little Boy dengan kekuatan sebesar 15kiloton TNT.  Walaupun lebih kecil daripada bom yang dijatuhkan di Nagasaki, tetapi ledakan bom Hiroshima ini merrengut nyawa paling banyak sehingga berada di daftar pertama.

2. Nagasaki

nagasaki bom

Sesuai nama bomnya Fat Man, ledakan di Nagasaki berkekuatan 21 kiloton TNT, jauh lebih parah dari bom di Hiroshima. 

Untung saja tidak merenggut nyawa yang begitu banyak. Korban jiwa akibat bom di Nagasaki sekitar 30,000 hingga 80,000 nyawa.

3. Halifax

ledakan halifax

Ledakan Halifax adalah bencana yang terjadi di Halifax, Nova Scotia, Kanada, pada pagi hari tanggal 6 Desember 1917. SS Mont-Blanc, sebuah kapal kargo Perancis yang sarat dengan bahan peledak tinggi, bertabrakan dengan kapal Norwegia SS Imo di Narrows, sebuah selat yang menghubungkan bagian atas Pelabuhan Halifax ke Bedford Basin.

Sekitar 2.000 orang tewas akibat ledakan, puing-puing, kebakaran, atau bangunan yang runtuh, dan diperkirakan 9.000 lainnya terluka. Ledakan tersebut merupakan ledakan buatan manusia terbesar pada saat itu, melepaskan energi yang setara dengan kira-kira 2,9 kiloton TNT (12.000 GJ).

4. Beirut

ledakan beirut

Berbeda dari bom di Nagasaki dan Hiroshima, ledakan di Beirut ini disebabkan oleh Anium Nitrat. Walaupun hingga hari ini masih di klasifikasikan sebagai sebuah kecelakaan, tetapi ledakan Beirut ini sangat besar hingga memporakandakan kota Beirut Lebanon. Para pakar memperkirakan kekuatan ledakan ini mencapai 1-2 kiloton TNT.

Per bulan agustus ini, laporan mencatatkan korban jiwa ledakan di Beirut mencapai 135an nyawa. Sementara korban luka-luka hingga 5,000an. Tetapi masih banyak yang belum ditemukan karena ditindis oleh puing-puing akibat ledakan.

5. Texas City

ledakan texas city

Bencana Texas City 1947 adalah kecelakaan industri yang terjadi pada tanggal 16 April 1947, di Pelabuhan Texas City, Texas, di Teluk Galveston. Itu adalah kecelakaan industri paling mematikan dalam sejarah Amerika Serikat dan salah satu ledakan non-nuklir terbesar dalam sejarah.

Kebakaran di pagi hari mulai terjadi di kapal SS Grandcamp yang terdaftar di Prancis (berlabuh di pelabuhan) dan meledakkan muatannya yang membawa sekitar 2.300 ton (sekitar 2.100 metrik ton) amonium nitrat. Hal ini kemudian memicu reaksi berantai dari kebakaran dan ledakan di kapal lain dan fasilitas penyimpanan minyak di dekatnya, yang akhirnya menewaskan sedikitnya 581 orang, termasuk semua kecuali satu anggota pemadam kebakaran Texas City.