Minggu, 09 Agustus 2020

Cara Cek Spesifikasi Windows 10 Pada PC dan Laptop

Cara Cek Spesifikasi Windows 10 Pada PC dan Laptop

Cara Cek Spesifikasi Windows 10 Pada PC dan Labtop - Layaknya smartphone, spesifikasi sebuah komputer (PC) atau laptop penting untuk diketahui pemiliknya. Pasalnya, saat pengguna laptop atau komputer ingin menginstal aplikasi, biasanya ada spesifikasi minimal yang harus dipenuhi agar aplikasi berjalan dengan lancar.

Informasi spesifikasi juga berguna ketika Anda ingin mengupgrade (mengupgrade) salah satu komponen di komputer, misalnya RAM atau media penyimpanan. Mengapa? Karena pengguna perlu mengetahui jenis memori dan penyimpanan yang didukung oleh sistem.

Cara Cek Spesifikasi Windows 10 Pada PC dan Labtop

Ada beberapa cara mudah mengecek spesifikasi laptop atau komputer, terutama yang menjalankan sistem operasi Windows 10. Berikut cara mengecek spesifikasi komputer atau laptop dengan OS Windows 10 tanpa aplikasi tambahan, seperti dirangkum KompasTekno dari WindowsCentral, Kamis (29/7/2020).

Baca Juga : Instagram Akan Saingi Tik Tok

Cara pertama dan termudah adalah melalui fitur "Tentang PC Anda". Untuk mengaksesnya, cukup ketik kata kunci (kata kunci) "Tentang PC Anda" di menu Start dan tekan tombol Enter.

Cara Mengecek Spesifikasi Komputer dan Laptop Windows 10

1. Tentang PC Anda

Cara mengecek spesifikasi komputer atau laptop Windows 10 lewat fitur About your PC.

Cara pertama dan termudah adalah melalui fitur "Tentang PC Anda". Untuk mengaksesnya, Anda cukup mengetikkan kata kunci (kata kunci) "Tentang PC Anda" di menu Start dan tekan tombol Enter.

Beberapa saat kemudian, Anda akan disuguhkan halaman yang menampilkan sejumlah spesifikasi inti komputer. 

Baca Juga : Cari VGA Spek Dewa? Ini 4 Rekomendasi VGA Terbaik Tahun 2020

Bagian "Spesifikasi perangkat" merangkum sejumlah spesifikasi komputer inti. Beberapa di antaranya termasuk model dan nama komputer, prosesor, RAM, tipe sistem, dan sebagainya. 

Pengguna juga dapat mengubah nama komputer dengan mengklik tombol "Ubah nama PC ini". Sedangkan bagian "Spesifikasi Windows" merangkum versi OS yang diinstal di komputer, bersama dengan versi dan tanggal penginstalan.

2. Sistem Informasi

Cara mengecek spesifikasi komputer atau laptop Windows 10 lewat fitur System Information.

Tidak seperti "Tentang PC Anda", fitur "Informasi Sistem" dapat digunakan untuk melihat spesifikasi komputer yang lebih detail.

Untuk mengaksesnya, cukup ketik kata kunci "Informasi Sistem" di menu Start dan tekan Enter.

Beberapa saat kemudian, jendela yang menunjukkan spesifikasi komputer akan muncul.

Di sini, Anda dapat melihat beberapa spesifikasi teknis yang berkaitan dengan sistem komputer Anda, seperti komponen komputer yang terhubung, model bios, tipe memori, dan banyak lagi.

Untuk meringkas spesifikasi saat ini dan mengubahnya menjadi file teks (ekstensi file ".txt"), Anda dapat mengklik menu "File" dan memilih "Ekspor".

3. Prompt Perintah

Cara mengecek spesifikasi komputer atau laptop Windows 10 lewat fitur Command Prompt.

Fitur Command Prompt (CMD) sebenarnya bisa digunakan untuk melihat spesifikasi komputer Anda. Bagaimana caranya? Anda cukup mengetikkan kata kunci "command prompt" di menu Start, klik kanan pada program Command Prompt yang muncul dan pilih "Run as administrator". 

Kemudian, masukkan perintah "systeminfo" (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Tak lama kemudian, aplikasi CMD akan menampilkan spesifikasi komputer secara detail, seperti informasi memori, bios, sistem, RAM, model komputer, dan lain sebagainya. 

Anda juga dapat mengetikkan perintah "systeminfo /?" untuk mengetahui perintah lain apa yang bisa dimasukkan untuk mengetahui spesifikasi komputer lebih lanjut.

4. PowerShell

Cara mengecek spesifikasi komputer atau laptop Windows 10 lewat fitur Powershell.

Tidak kalah dengan CMD, fitur Windows 10 lainnya yaitu PowerShell juga bisa digunakan untuk melihat spesifikasi komputer Anda. 

Pada dasarnya, PowerShell mirip dengan Command Prompt. Namun, kemampuan PowerShell lebih mumpuni karena bisa mengolah bahasa pemrograman.

Baca Juga : Keren Loh Kamera Samsung Galaxy Note 20 Ultra Punya Laser AF

Fitur PowerShell sendiri dapat diakses dengan memasukkan kata kunci "PowerShell" di menu Start. Kemudian, klik kanan pada aplikasi "Windows PowerShell" dan pilih "Run as administrator". 

Beberapa saat kemudian, ketik perintah "Get-ComputerInfo" di kolom yang tersedia dan tekan Enter. Setelah itu, PowerShell akan menampilkan sederet spesifikasi untuk komputer Anda. 

Jika dicermati, tampilannya terlihat mirip dengan apa yang ditawarkan oleh aplikasi CMD tadi.