Jumat, 14 Agustus 2020

Cara Ganti Mode Jam Menjadi Format 24 Jam di Android

Cara Ganti Mode Jam Menjadi Format 24 Jam di Android

Android, secara default, menampilkan waktu dalam format 12 jam. Format 12 jam ini lebih banyaik digunakan di Amerika Serikat, dan bagi orang Indonesia hal ini akan sangat membingungkan. Apalagi dengan format 12 jam biasanya yang membedakannya adalah penggunaan AM dan PM.


Nah untuk itu, berikut ini cara ganti mode jam menjadi format 24 jam di Android biar lebih cocok untuk pengguna di Indonesia. Oh ya format 24 jam ini juga sering disebut format Militer ya, karena digunakan pada setiap operasi militer loh.


Sebelum kita mulai, perlu dicatat bahwa setiap desain dan settingan handphone berbeda-beda apalagi pengguna Adroid. Tetapi prinsip penggunaan dan cara menggantinya hampir sama kok. Tutorial ini kita akan menggunakan Google Pixel 4 yang mungkin akan berbeda dengan hp kalian. Jadi perhatikan baik-baik ya.


1. Langkah pertama adalah masuk ke pengaturan dengan mengklik ikon Gear. 

klik ikon gear

2. Kalau sudah di menu pengaturan, scroll dan cari pilihan System.

pilih sistem

3. Pilih Date & Time

pilih date and time

4. Cari menu Time Format  dan matikan pengaturan Use Locale Default. Selanjutnya pilih enable format 24 jam "User 24-hour format".

toggle format 24 jam

Nah itu dia cara ganti mode jam menjadi format 24 jam di android! Gampang bukan? Susah? Ya karena setiap merek handphone punya settingan berbeda, tapi prinsipnya tetap sama kok. 


Dilansir dari HowtoGeek