Senin, 10 Agustus 2020

Cara Optimasi SEO Blog yang baik dan Benar

Cara Optimasi SEO Blog yang baik dan Benar

Search Engine Optimization atau (SEO), kamu pasti sudah tahu bahwa SEO sangatlah penting bagi sebuah website untuk menaikkan peringkat di search engine.


Mengatur SEO pada website atau blog bukan hal yang mudah, karena SEO bertujuan untuk menarik pengunjung untuk masuk ke blog kita, salah setting sedikit saja akan berakibat fatal.

Tapi dalam artikel ini, kita akan membahas Cara yang benar untuk mengatur SEO pada website.

Berikut ini adalah Cara dan Tips untuk mengoptimasi SEO pada Blog yang baik dan benar

Pengertian SEO

SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization adalah serangkaian strategi dan teknik untuk membuat website berapa pada halaman pertama atau On-Page di search engine (SERP – Search Engine Result Page).

Jenis Jenis SEO

Ada banyak sekali jenis SEO bagi seorang Spesialis SEO. Spesialis atau Pakar SEO adalah seseorang memiliki keahlian khusus atau bakat yang mendalam di teknik marketing. Tugas Seorang Pakar SEO yaitu mengoptimasi website agar mendapat peringkat sehingga website Nya muncul di halaman pertama search engine ketika seseorang mencari sebuah keyword di Search engine.

Jenis SEO yang paling umum diketahui ada 4 yaitu:

1. Page SEO

Page SEO adalah teknik yang berfungsi untuk memodifikasi nama halaman. Misalnya kamu membuka sebuah artikel dengan link https://rrieme.blogspot.com/artikel.php. Dengan teknik page seo ini kamu bisa mengubah link artikel atau file website berdasarkan keyword sesuka kalian, sebagai contoh https://rrieme.blogspot.com/artikel-terbaru.html.

2. Title SEO


Title dibagi menjadi dua, yaitu Title Dinamis dan Title Statis. Title Statis adalah Title yang berlaku untuk semua halaman pada website, sedangkan Title Dinamis merujuk pada Judul suatu artikel. Title pada website sangat berfungsi untuk menaikkan rating website di search engine berdasarkan judul artikel.

3. URL SEO


URL SEO hampir sama dengan Page SEO, bedanya URL SEO Bersifat dinamis. Biasanya URL SEO ini mengambil dari judul artikel. Contohnya Artikel Berjudul Belajar SEO Untuk Pemula, maka alamat url : https://rrieme.blogspot.com/belajar-seo-untuk-pemula.

4. CONTENT SEO


Content SEO yaitu teknik SEO dengan menulis artikel atau konten yang sangat relevan dan berkaitan dengan Judul Artikel, jika kamu menulis artikel dengan judul Cara Optimasi SEO, maka dalam konten tersebut wajib berisikan pembahasan tentang SEO.

Tujuan SEO

SEO bertujuan untuk menempatkan sebuah website pada halaman pertama di search engine berdasarkan keyword yang dicari.

Manfaat SEO

Manfaat SEO sangatlah banyak. Bisa menaikkan trafik, meningkatkan brand, mempermudah website kamu ditemukan melalui keyword dan masih banyak lagi.

Strategi Cara Optimasi SEO

Jika kamu baru mempelajari SEO, kamu perlu menerapkan beberapa teknik SEO dibawah ini.

1. Riset Keyword (Kata Kunci)


Keyword atau kata kunci adalah istilah untuk kata-kata yang digunakan orang saat melakukan pencarian di search engine. Misalnya kamu mengetik mencari tempat wisata di Google. Nantinya google akan memberitahukan hasil penelusuran lainnya. Inilah yang disebut dengan kata kunci atau keyword.

2. Pilihlah Domain website sesuai Keyword


Memilih domain sama saja dengan memilih nama bisnis. Organisasi, atau identitas yang kamu buat. Contohnya kamu menargetkan keyword tempat wisata, maka sebaiknya nama nama domain kamu menggunakan keyword tersebut, maka akan nama domain kamu akan menjadi tempatwisatakeluarga(dot)com.

3. Buatlah konten yang berkualitas


Konten atau isi dari website juga berguna untuk SEO, dengan konten berkualitas yang memiliki hubungan erat dengan keyword yang kamu bidik.

Contohnya website atau blog kamu membahas tempat wisata, maka isi kontennya wajib membahas tempat wisata.

4. Perhatikan penamaan gambar


Penamaan file foto pada SEO juga sangat penting, jika kamu menulis artikel tentang tempat wisata di lombok, maka kamu harus mengubah nama file foto sesuai dengan keyword. Contohnya tempat-wisata-di-lombok.jpg.

Dengan penamaan file photo tersebut bertujuan untuk search engine mengidentifikasi keyword pada foto yang kalian upload, contohnya jika kamu mencari tempat wisata di lombok di Google image, maka akan muncul foto-foto tempat wisata di lombok.

Dengan penjelasan diatas kamu pasti sudah tahu dasar dari SEO, tinggal bagaimana kalian membedah  teknik dan strategi tersebut untuk memaksimalkan website atau blog kamu.