Kamis, 06 Agustus 2020

Carding Kejahatan Siber yang Selalu Mengintai Kartu Kredit

Carding Kejahatan Siber yang Selalu Mengintai Kartu Kredit

Carding Kejahatan Siber yang Selalu mengintai kartu kredit
Carding Kejahatan Siber, Apa itu Carding dan bagaimana cara mengatasinya

Kejahatan Siber: Carding merupakan aksi pembobolan data kartu kredit yang bersifat pribadi.

Berkembangnya teknologi memiliki dampak yang baik bagi kebutuhan sehari-hari, tetapi pernah kamu mendengar kejahatan dunia maya (cybercrime) yang dikenal dengan sebutan Carding. Ya carding merupakan salah satu tindak kejahatan dunia maya yang paling banyak dilakukan di dunia.

Banyak kejahatan carding ini tidak bisa di hitung jumlahnya, bukan hanya di Indonesia, tetapi di seluruh Dunia kejahatan ini hampir setiap hari terjadi.

Nah, maka dari itu saya akan membagikan informasi penting tentang penjelasan Carding dan cara untuk terhindar dari kejahatan dunia maya ini.

Mengenal Carding Kejahatan Dunia Maya Yang Mengintai mu Setiap Saat


1. Apa itu Carding?


Carding adalah kejahatan dunia maya yang digambarkan sebagai tindakan melakukan transaksi jual beli menggunakan kartu kredit secara ilegal di dunia maya (cybercrime). Kejahatan Carding biasanya dilakukan oleh perorangan ataupun grup, dan sebutan untuk para Penjahat Carding yaitu Carder.

2. Cara Kerja Carding?


Umumnya cara kerja Carding yaitu Pelaku menggunakan identitas seseorang untuk berbelanja Online di website-website ecommerce yang menyediakan metode pembayaran kartu kredit tanpa sepengetahuan korban.

3. Jenis Jenis Kejahatan Carding.


Ada dua Jenis kejahatan Carding yang umum di gunakan oleh para pelaku kejahatan ini yaitu misuse (compromise) of card data dan counterfeiting.

- Penjelasan misuse (compromise) of card data


Misuse (compromise) of card data adalah tindakan penyalahgunaan kartu kredit yang tidak dipresentasikan.

- Penjelasan Counterfeiting


Counterfeiting adalah pemalsuan kartu kredit baik secara fisik dan elektrik.

4. Kasus Carding di Indonesia?


Ada banyak sekali kasus carding di indonesia, namun pada umumnya yang kamu ketahui ada dua yaitu kasus pembobolan Tiket(dot)com dan yang terakhir kasus carding yang menyeret beberapa artist Indonesia.

- Kasus Carding Peretasan tiket(dot)com


Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan seseorang berjulukan Bapak Hecker Indonesia (Sultan Haikal), pasalnya Pada 2017 silam, seluruh media digemparkan oleh Sultan Haikal, yang berhasil membobol akun Tiket(dot)com senilai 1,9 Miliar.

- Kasus Carding Endorsement yang menjerat artis


Kasus ini bermula melalui salah satu akun Instagram @tiketkekinian, yang menawarkan promo harga tiket hotels dan pesawat murah. Namun, Artis-artis yang menerima endorsement dari Akun @tiketkekinian tidak mengetahui kalau tiket yang mereka promosikan adalah hasil dari pembobolan kartu kredit (carding).

5. Tips Agar Terhindar dari Kejahatan Carding


Maraknya kasus kejahatan carding di dunia maya merupakan salah satu kasus kejahatan terbanyak di seluruh dunia, apalagi Negara yang kita cintai ini menjadi Blacklist dari website-website ecommerce besar seperti Amazon(dot)com, Ebay(dot)com dan website ecommerce lainnya. Karena Indonesia merupakan negara yang banyak melakukan kejahatan dunia maya ini.

Nah untuk terhindar dari Kejahatan Carding ini, sebaiknya kamu melakukan beberapa tips dibawah ini.

- Mengetahui Surat Email Asli Atau Palsu


Kejahatan carding ini biasanya menargetkan email dengan mengirimkan pesan palsu dengan subject Akun terkunci, Verifikasi Akun, dan subject lainnya yang mengarah untuk memverifikasi data kamu.

Tips untuk yang satu ini sangatlah gampang, jika kamu menerima email seperti kriteria diatas, jangan panik. Hal yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut

- Memeriksa Email pengirim


Jika kamu menerima email seperti diatas, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek nama dan email pengirim, misalkan kamu mendapat kiriman ke email kamu menggunakan nama Perusahaan Perbankan Seperti PayPal, dengan subject Akun kamu telah dinonaktifkan, kamu harus memeriksa apakah pesan tersebut berasal dari email resmi PayPal.

Jika bukan dari email PayPal sebaiknya langsung kamu hapus pesan itu.

- Memeriksa Website yang diarahkan dari pesan email


Jika kamu tidak sempat memeriksa alamat email, dan sudah terlanjur mengklik alamat link yang tersedia di pesan, sebaiknya kamu memeriksa link tersebut, jika bukan link asli dari PayPal, sebaiknya kamu jangan melanjutkan tindakan tersebut.

Karena jika kamu melanjutkan nya pasti kamu dimintai untuk mengisi data pribadi serta informasi kartu kredit.

- Mengaktifkan OTP (One Time Password)


OTP atau One Time Password adalah kata sandi atau pin sekali pakai (kata sandi dinamis), OTP hanya berlaku satu kali untuk satu sesi, dengan mengaktifkan OTP pada kartu kredit dan akun pembayaran kamu.

Tentunya akan sangat berguna. Karena jika akun atau kartu kredit kamu melakukan transaksi tanpa sepengetahuan kamu, otomatis kamu menerima SMS masuk OTP.

- Langsung menutup rekening bank


Semoga saja hal yang satu ini tidak terjadi, jika kamu mengecek saldo rekening dan tiba-tiba saldo berkurang dengan drastis tanpa kamu gunakan.

Sebaiknya kamu dengan cepat mendatangi kantor bank terdekat dan meminta melihat transaksi terakhir. Jika transaksi terakhir terasa mengganjal, segera minta pihak bank untuk menutup kartu rekening kamu.

- Menjaga data pribadi di Internet


Faktor utama dari kejahatan carding ini adalah korban tidak menjaga data pribadi mereka dengan baik di Internet, sehingga hal-hal bersifat pribadi seperti Email, Nomor Hp, Alamat dapat ditemukan dengan gampang.

Bukan hanya itu, para pelaku kejahatan carding juga biasanya meretas website untuk mengambil informasi customers Nya.

Jadi bagaimana cara agar data pribadi kita aman?

  • Jangan menyebarluaskan Email di Internet
  • Jangan sembarangan mendaftar di website yang tidak diketahui
  • Selalu mengganti kata sandi email kalian

Nah bagaimana? kamu sudah tahu kan bahaya dari kejahatan carding di dunia maya, semoga dengan membaca artikel ini kamu dapat terhindar dari kejahatan carding.

Jangan lupa bagikan artikel ini jika kamu merasa bermanfaat.