Minggu, 16 Agustus 2020

Fungsi dan Manfaat Media Sosial Bagi Masyarakat Modern

Fungsi dan Manfaat Media Sosial Bagi Masyarakat Modern


Upload social media, Checked. Itulah sebagian kegiatan para milenial saat memainkan gadget kesayangan. Berlomba untuk memperbarui status atau feed media sosial mereka. Harus diakui memang, peranan media sosial seakan sudah memengaruhi hidup kita sehari-hari.

Rasanya ada yang kurang jika kita tak membuka salah satu media sosial, tidak menyimak unggahan lingkaran pertemanan bahkan jari ini terasa gatal untuk mengunggah status keseharian kita, karena berkreasi merupakan salah satu fungsi dan manfaat media sosial saat ini.

Sebenarnya apa sih fungsi dan manfaat media sosial sehingga banyak perusahaan membutuhkan social media officer? Apakah hanya sebagai ajang aktualisasi diri saja? Media sosial adalah suatu media daring dimana para penggunanya dapat dengan mudah saling terhubung untuk memperluas interaksi sosial. Fungsinya sudah jelas untuk memperluas interaksi, jaringan, menghasilkan komunikasi dialogis dengan banyak audiens.


6 Fungsi dan Manfaat Media Sosial

Lalu dari sekian banyak media sosial yang kita kenal, apa saja sih fungsi dan manfaat media sosial? Berikut adalah manfaat media sosial beserta contohnya:

1. Media Content Marketing

Sebagai media untuk membuat content marketing, seperti bussines blogging. Lewat blog kita dapat mengulas suatu produk dan jasa dan diperkuat dengan CEO atau relasi brand tertentu. (Contoh instagram)


2. Berbagi Informasi

Saluran untuk menangani keluhan, mendapatkan informasi terbaru (trending), dan berbagi informasi dengan ringkas dan tepat sasaran (Contoh Twitter).


3. Menambah Koneksi Pertemanan

Sebagai jejaring sosial untuk menambah koneksi pertemanan. Jejaring sosial inilah yang paling populer dan wajib dimiliki saat ini. Kita bisa mengunggah status, foto dan berbagi pesan pada semua orang yang terhubung dalam jejaring sosial kita.

Tak hanya untuk pertemanan saja, ada beberapa fitur di platform jejaring sosial yang memungkinkan untuk mengaktifkan fitur bisnis. Jadi fungsinya tak hanya menambah relasi, kita juga bisa menambah pundi-pundi atau memperoleh pekerjaan (Contoh : Facebook, Path, Linkedin, dll).


4. Sebagai layanan berbagi media (media sharing) 

Senang menonton video yang lucu, informatif dan menghibur? Kini kamu bisa mengakses video apapun yang kamu inginkan hanya semudah berselancar di internet. Ada ribuan video yang diunggah oleh sesama pengguna, kita juga bisa memberikan likes dan subscribes. Jangan salah, jumlah viewer dan subscriber para content creator tersebut bisa sampai milyaran nilainya (Contoh: Youtube, Flickr).


5. Berkomunitas

Sebagai forum untuk berdiskusi membahas topik tertentu dalam suatu ruang diskusi. Dalam forum ini kamu bisa membahas topik yang sedang happening, mengulas produk hingga melakukan transaksi jual beli (Contoh : Kaskus).


6. Wadah Berkolaborasi

Sebagai layanan kolaborasi untuk saling menyunting dan memberikan informasi. Meskipun layanan yang satu ini nampak kurang populer, namun pengaruhnya sangat besar menyangkut penyampaian informasi di dunia digital. Kontributor yang tergabung bisa saling menyebarkan dan mengelola konten yang mereka buat (Contoh: Wikipedia).

Itulah fungsi dan manfaat media sosial yang sedang tren saat ini. Media sosial apapun yang kamu miliki tentunya harus dipergunakan untuk hal yang positif. Tak dipungkiri kemudahan dalam berekspresi bisa diakomodir oleh media sosial, namun pastikan konten atau cuitan tidak menyinggung SARA dan undang-undang.

Semua yang kita unggah terekam dalam jejak digital dan barang siapa yang menentang akan terancam Undang – Undang Informasi & Transaksi Elektronik (UU ITE). Jadi tetap bijak dalam menggunakan media sosial sesuai umur, kebutuhan, fungsi dan manfaat media sosial itu sendiri.