Selasa, 04 Agustus 2020

LAGI! Dana Nasabah Bocor! Kali ini Ribuan Nasabah Kredit Plus Jadi Korban!

LAGI! Dana Nasabah Bocor! Kali ini Ribuan Nasabah Kredit Plus Jadi Korban!

Lagi lagi terjadi kasus kebocoran data nasabah di Indonesia! Kali ini ribuan nasabah Kredit Plus jadi korban kebocaran data ini. Data perusahaan teknologi finansial (fintech) asal Indonesia, KreditPlus, ini bocor dan dijual bebas di Internet.

Kasus kebocoran data nasabah kreditplus ini diketahui dari laporan terbaru Firma Keamanan Internet dari Amerika Serikat, Cyble. Dari data laporan terbaru tersebut, dikabarkan ada lebih dari 890,000 data nasabah kreditplus yang bocor dan dijual belikan bebas di pasar data.


Sama seperti kasus TokoPedia, data nasabah KreditPlus ini dijual bebas di forum forum Internet seperti RaidForums. Namun, per tanggal 4 Agustus ini, thread penjual sudah dihapus. Mungkin ditangkap kali ya.

Namun yang paling parah adalah, data yang bocor ini berisi data data rahasia seperti nama nasabah, alaman, email, no telpon, data pekerjaan, hingga password pengguna. Bayangkan data daata seperti ini dijual bebas dan digunakan oleh orang tak bertanggung jawab.

Apalagi sebenarnya data ini sudah dijual belikan sejak tanggal 16 Juli kemaren tetapi baru diketahui seakrang. Jika ada adalah nasabah kreditplus, segeralah ubah password dan data-data tersebut untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

Kasus kebocoran data ini sudah sangat sering terjadi dan bahkan korban nya adalah perusahaan teknologi raksasa. Apakah sistem keamanan nya yang buruk ataukah permainan orang dalam?

Semoga saja tidak ada korban secara langsung dari kasus kebocoran data ini.

Dilansir dari