Kamis, 06 Agustus 2020

Mal Aeon BSD Ditutup Sementara Semua Karyawan Menjalani Tes Cepat

Mal Aeon BSD Ditutup Sementara Semua Karyawan Menjalani Tes Cepat

Tanggerang - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Rabu (6/8/2020), menutup sementara operasional Aeon Mall BSD City, Tangerang, Banten. Selama ditutup, seisi mal akan disemprot disinfektan. Selain itu, 1.200 orang karyawan dan penyewa gerai akan menjalani tes cepat.

Suasana di dalam AEON Mall BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (6/8/2020), sesaat sebelum disemprot disinfektan. Dua karyawan di mal dinyatakan positif Covid-19 sehari sebelumnya. Mal untuk sementara akan ditutup hingga penyemprotan disinfektan tuntas dilakukan.

Penutupan itu menyusul ditemukannya dua karyawan manajemen mal yang positif terinfeksi Covid-19. 

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesal Rasyid menyampaikan, pemerintah belum dapat memastikan kapan mal akan dibuka kembali.

“Penyemprotan disinfektan ini tidak bisa selesai dua atau tiga hari. Nanti akan kami lihat perkembangannya,” ujar Maesal Rasyid ditemui seusai meninjau persiapan penyemprotan di Aeon Mall BSD City.

Menurut Maesal, dua orang karyawan Aeon Mall yang tertular Covid-19 itu sehari-hari bertugas di ruangan manajemen yang berisi sekitar 26 orang. Kendati demikian, penyemprotan tidak hanya dilakukan di ruangan karyawan itu, tetapi mencakup seisi mal.

Pertama-tama, penyemprotan akan dimulai dari bagian luar mal termasuk area parkir, kemudian berlanjut ke dalam gedung. 

AEON Mall terdiri atas empat lantai dan seluruhnya tanpa kecuali akan disemprot. Mal baru boleh dibuka jika penyemprotan sudah tuntas dilakukan.

“Manajemen mal sudah melakukan tes swab kepada rekan-rekan karyawan yang positif. Hasilnya semua negatif,” ujarnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi mengatakan, sumber awal penularan dua orang karyawan itu belum diketahui. 

Hingga saat ini pelacakan masih terus dilakukan. Mereka diketahui positif Covid-19 pada 28 Juli 2020. Satu karyawan tertular namun tak menunjukkan gejala atau asimptomatik.

“Ketahuannya saat satu orang itu memeriksakan diri ke rumah sakit, ada demam dan pusing. Protokol di rumah sakit, kan, harus tes swab,” ujar Hendra.

Selain melakukan penyemprotan, gugus tugas dan juga manajemen mal kini berencana melakukan tes cepat (rapid test) kepada sekitar 1.200 orang yang beraktivitas di dalam AEON Mall. Maesal menjelaskan, 1.200 orang itu akan menjalani tes secara bertahap. Mereka terdiri atas karyawan dan penyewa gerai (tennant) di AEON.

Rapid test dalam tiga hari ini akan kami selesaikan,” kata Maesal.

Sementara itu, pihak AEON Mall BSD City melalui akun media sosial resminya mengumumkan, penutupan mal akan berlangsung pada 6-12 Agustus 2020.Q

Dilansir dari: 

https://www.kompas.id/baca/metro/2020/08/06/mal-aeon-bsd-ditutup-sementara-1-200-orang-jalani-tes-cepat/