Rabu, 12 Agustus 2020

Rusia Berhasil Menemukan Vaksin Corona Virus! Dites Langsung oleh Anak Presiden Rusia Itu!

Rusia Berhasil Menemukan Vaksin Corona Virus! Dites Langsung oleh Anak Presiden Rusia Itu!

Rusia telah menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui vaksin untuk virus corona, Presiden Vladimir Putin mengumumkan pada hari Selasa tanggal 11 agustus kemaren bahwa vaksin virus corona akan digunakan untuk seluruh masyarakat Rusia. Bahkan anak putri sang presiden sendiri sudah menggunakan vaksin tersebut.

Walaupun otoritas kesehatan global mengatakan vaksin tersebut belum menyelesaikan uji klinis tahap akhir yang kritis untuk menentukan keamanan dan keefektifannya. Namun Putin sangat yakin bahwa vaksin buatan Rusia itu sangat manjur sehingga disetujui digunakan.

vaksin covid rusia


Putin, yang mengatakan pada rapat kabinet pada Selasa pagi bahwa vaksin covid-19 buatan Rusia itu “bekerja dengan cukup efektif,” mengatakan bahwa putrinya sendiri telah meminumnya. Dan sebagai ucapan selamat kepada bangsanya, dia berterima kasih kepada para ilmuwan yang mengembangkan vaksin untuk "langkah pertama yang sangat penting ini untuk negara kita, dan secara umum untuk seluruh dunia."


Negara-negara adidaya saat ini sedang berada dalam perlombaan global untuk mendapatkan vaksin yang dapat digunakan. Amerika Serikat, dengan upaya yang disebut Operation Warp Speed, dan China telah menggelontorkan miliaran dolar ke dalam lomba tersebut, dan pejabat kesehatan khawatir bahwa Rusia sedang mencoba meraih kemenangan dengan mengambil jalan pintas.


Namun kritik datang dari peneliti dunia, mereka melihat langkah Rusia ini seperti pada saat Cold War, dimana ini dianggap sebagai sebuah perlombaan negara adidaya mengingat Amerika Serikat dan China juga sedang berlomba menemukan vaksin covid-19 ini.

vaksin covid rusia


Mereka menganggap hanya untuk memenangkan covid-19 ini, Rusia mengambil jalan pintas dan langsung menyetujui penggunaan vaksin covid-19 buatan mereka tanpa melakukan serangkaian tes wajib.


Di Rusia, Menteri Kesehatan Mikhail Murashko mengatakan negaranya akan memulai kampanye vaksinasi massal pada musim gugur, dan mengatakan pada hari Selasa bahwa itu akan dimulai dengan guru dan pekerja medis bulan ini.


Ya kita disinii mah anggap saja masyarakat Rusia sebagai tes uji coba. Kalau disana berhasil, ya siap siap saja kita beli vaksin asal Rusia - semoga tidak mahal - setidaknya biar tidak ada demo-demo lagi yak.


Dilansir dari NY Times