Minggu, 09 Agustus 2020

Teh Hitam Dapat Menurunkan Berat Badan Secara Efektif

Teh Hitam Dapat Menurunkan Berat Badan Secara Efektif

Teh Hitam Dapat Menurunkan Berat Badan Secara Efektif - Banyak penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa orang yang minum teh, terutama teh hijau, mengalami penurunan berat badan lebih cepat daripada orang yang tidak minum teh.

Sekarang Anda bisa menyimpan tas olahraga Anda dan melanjutkan ke minum teh. Berikut cara mudah menurunkan berat badan dengan teh

Teh Hitam Dapat Menurunkan Berat Badan Secara Efektif

Minuman adalah cara efektif dan mudah untuk menurunkan berat badan. Baik dalam bentuk smoothie, kopi hitam, atau teh hijau, semua minuman ini dikatakan memiliki dampak positif untuk menurunkan berat badan.

Selama ini teh hijau sering disebut sebagai minuman super dengan berbagai efek kesehatan. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui apakah konsumsi teh hitam juga dapat memberikan efek ini.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi teh hitam di pagi hari dapat membantu membakar kalori sepanjang hari. Dilansir dari The Health Site, temuan tersebut membuktikan bahwa teh hitam tidak hanya membantu asupan kafein tetapi juga membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga : Raffi Ahmad Menangis Ingin Anak Perempuan

Di Indonesia, teh hijau merupakan minuman yang lebih banyak dikonsumsi dan ditemukan. Di berbagai warung makan, teh yang disajikan hampir selalu teh hitam.

Teh hitam diketahui menghasilkan bakteri usus yang sehat dan juga dapat meningkatkan metabolisme. Penelitian mengungkapkan bahwa komponen yang disebut polifenol di dalamnya dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Flavonoid yang ada dalam teh hitam juga bisa menjadi alasan penurunan berat badan ini. Komponen ini bisa bermanfaat untuk membakar lemak perut, kadar trigliserida, dan menghilangkan peradangan akibat obesitas.

Teh hitam ini juga merupakan minuman yang memiliki kandungan rendah kalori di dalamnya. Secangkir teh hitam mengandung sangat sedikit kalori, lemak dan kolesterol di dalamnya.

Manfaat tersebut akan semakin maksimal bila teh hitam ini dikonsumsi tanpa gula. Makan dalam kondisi hangat juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Manfaat Teh untuk Menurunkan Berat Badan

Pilih teh berdasarkan efektivitas dan selera pribadi Anda. 

Yang terbaik adalah jika Anda meminum teh yang rasanya enak, namun Anda juga harus tahu bahwa jenis teh tertentu dianggap lebih efektif untuk menurunkan berat badan dibandingkan jenis teh lainnya.

Minum teh setiap hari dan biasakan.

Cari cara untuk menciptakan kebiasaan minum teh yang sehat. Akan lebih mudah jika Anda menjadikan "waktu minum teh" sebagai jadwal yang teratur. Minumlah secangkir teh di pagi hari dan satu lagi di sore hari, lalu teh tanpa kafein atau teh herbal sebelum tidur, karena masih efektif bahkan tanpa kafein.

  • Gantilah kopi pagi dengan teh.
  • Dinginkan teh yang diseduh untuk dinikmati dalam cuaca panas

Jangan tambahkan apa pun ke teh Anda.

Krim dan gula akan merusak khasiat teh untuk menurunkan berat badan. Anda harus terbiasa dengan program teh tanpa aditif.

Minum teh untuk melawan rasa lapar.

Teh adalah cara yang bagus untuk membantu mengatur metabolisme. Namun untuk hasil terbaik, mulailah minum teh kapan pun Anda ingin makan sesuatu yang manis atau tidak sehat. Biasanya secangkir teh hangat sudah cukup menenangkan perut dan menghindari godaan untuk makan.

Memilih Teh dan Perlengkapannya

Temukan teh yang Anda sukai. Meskipun banyak penelitian telah berfokus pada teh hijau, Anda harus menemukan teh (hijau atau sebaliknya) yang rasanya Anda sukai. Beberapa jenis teh hijau rasanya sangat kuat dan tidak enak jika Anda tidak terbiasa. Jenis teh lainnya enak bahkan untuk peminum teh hijau pemula.
  • Teh hijau dan putih: Daun teh yang diolah sedikit, tersedia dalam banyak variasi dan rasa.
  • Teh hitam: Daun teh dengan proses tinggi yang mengubah bahan kimia bermanfaat (theaflavin dan thearubigins) menjadi bentuk yang lebih kompleks. Manfaatnya masih ada, tetapi mungkin kurang efektif. 
  • Oolong: Teh yang diproses secara khusus yang dapat meningkatkan metabolisme lebih dari teh hijau.
  • Teh tanpa kafein: Mirip dengan jenis teh di atas, tetapi telah dihilangkan dari kafein. Kafein bekerja sangat baik untuk menurunkan berat badan, tetapi teh ini masih mengandung zat bermanfaat.
  • Teh herbal: Teh yang terbuat dari tumbuhan selain daun teh tradisional. Teh ini umumnya kurang efektif, tetapi masih merupakan alternatif yang baik untuk minuman berkalori tinggi.

Hati-hati dengan teh diet.

Meski rasanya hampir sama dengan teh hitam atau teh herbal, teh diet mungkin perlu diwaspadai jika teh mengandung senna, lidah buaya, lidah buaya, akar rhubarb, buckthorn, atau minyak jarak. mengandung unsur pencahar, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak. Para ahli memperingatkan bahwa minum terlalu banyak teh diet dapat menyebabkan muntah, mual, diare berkepanjangan, kram perut, dan bahkan pingsan dan dehidrasi.
  • Konsep teh "diet" adalah promosi yang menyesatkan karena teh alami tanpa pemanis dapat membantu menurunkan berat badan. Teh tertentu memang bertindak sebagai pencahar atau penghambat lemak dan itulah mengapa teh diet sangat diiklankan. Namun, pencahar hanya membersihkan usus (Anda telah mengonsumsi kalori). Mungkin Anda bisa menurunkan berat badan air pada awalnya, tetapi ketika Anda minum sesuatu, berat itu akan kembali.
  • Satu cangkir teh diet sudah cukup. Sungguh. Anda akan menyesal jika melebihi satu cangkir.

Baca label bahan pada kemasan.

Banyak sekali jenis teh yang beredar di pasaran sehingga Anda mungkin bingung harus memilih yang mana. Anda bisa mulai dengan membaca daftar bahan pada label. Jika teh mengandung tambahan gula atau pemanis, kembalikan ke rak.
Ini tidak berarti Anda harus menghindari teh hijau beraroma. Memang, beberapa teh mengandung gula tambahan, tetapi yang lainnya tidak. Dan jika Anda bisa memilih teh alami, itu lebih baik untuk kesehatan dan lingkar pinggang Anda.

Buatlah teh mudah untuk diseduh (dan diminum)

Salah satu kerepotan yang dihadapi sebagian orang adalah menyeduh teh tidak semudah kelihatannya, padahal sebenarnya bukan proses yang sulit. Meskipun Anda dapat menyeduh secangkir teh dengan cepat di dalam microwave (tuangkan air ke dalam cangkir keramik dan panaskan selama dua menit hingga mendidih, lalu tambahkan kantong teh), Anda dapat mempermudah proses pembuatannya:
  • Beli ketel listrik. Ketel listrik tersedia di toko perlengkapan rumah dengan harga yang bervariasi dan sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu mengisinya dengan air dan menekan tombol atau tuas untuk mendidihkan air. Anda bisa menyeduh satu cangkir teh atau memasukkan beberapa kantong sekaligus ke dalam ketel. Siapkan juga termos untuk menyimpan air mendidih. Isi termos dengan air, tambahkan teh hijau, dan letakkan di dekat ketel atau meja kerja agar mudah dituang ke dalam cangkir jika Anda ingin minum.
  • Beli pembuat es teh. Minum es teh di hari yang panas bisa menenangkan. Anda masih bisa menikmati jumlah teh yang sama jika lebih suka menggunakan pembuat es teh. Seperti pada ketel, isi pembuat es teh dengan air, tambahkan es (sesuai petunjuk) dan kantong teh. Nyalakan mesin dan minum es teh segar dalam hitungan menit.
  • Seduh es teh di malam hari untuk diminum keesokan harinya. Jika Anda tidak punya waktu untuk menyeduh teh di siang hari, buatlah teh pada malam sebelumnya dan simpan panci di lemari es. Daripada membawa soda ke kantor, pertimbangkan untuk mengisi termos besar dengan es teh dan membawanya bersama Anda sepanjang hari.