Senin, 10 Agustus 2020

Tik Tok Akan Dibeli Oleh Twitter

Tik Tok Akan Dibeli Oleh Twitter

Tik Tok Akan Dibeli Oleh Twitter - Twitter Inc (TWTR.N) disebut-sebut tertarik membeli operasional TikTok di Amerika Serikat (AS). Mengutip Reuters, Minggu (9/8/2020), sumber menyebutkan Twitter telah mendekati pemilik TikTok di China, ByteDance.


Tik Tok Akan Dibeli Oleh Twitter

Menurut sumber itu, perusahaan berlogo burung itu perlu menambah modal untuk mendanai kesepakatan dengan TikTok. Twitter memiliki kapitalisasi pasar mendekati US $ 30 miliar, hampir sama dengan valuasi aset TikTok yang akan didivestasikan. 


Para ahli meragukan kemampuan Twitter untuk meningkatkan pembiayaan untuk mencapai kesepakatan akuisisi TikTok di AS. Apalagi saat ini Microsoft Corp. (MSFT.O) juga sedang mengincar TikTok.


"Twitter akan kesulitan mengumpulkan dana yang cukup untuk menjalankan TikTok AS. Ia tidak memiliki kapasitas pinjaman yang memadai," kata Erik Gordon, seorang profesor di Universitas Michigan. "Jika (Twitter) mencoba mempertemukan kelompok investor, persyaratannya akan sulit," lanjutnya. 


Baca Juga : Instagram Akan Saingi Tik Tok


Sedangkan menurutnya pemegang saham Twitter mungkin lebih memilih manajemen untuk fokus pada bisnis yang ada. 


Namun, sumber lain mengatakan bahwa salah satu pemegang saham Twitter, perusahaan ekuitas swasta Silver Lake, tertarik membantu mendanai kesepakatan dengan ByteDance. 


Meski begitu, TikTok, ByteDance dan Twitter masih enggan berkomentar.  Sebelumnya, TikTok mendapat kecaman dari anggota parlemen AS atas masalah keamanan nasional seputar pengumpulan data. 


Awal pekan ini, Presiden AS Donald Trump mengumumkan larangan transaksi dengan pemilik aplikasi WeChat dan TikTok yang berbasis di China. Ini juga meningkatkan ketegangan antara kedua negara.


Trump mengatakan dia akan mendukung upaya Microsoft untuk membeli operasi TikTok di AS jika pemerintah AS mendapat sebagian besar dari hasil penjualan. 


Ia tetap mengatakan akan melarang aplikasi populer tersebut pada 15 September 2020. Microsoft mengatakan pihaknya berencana menyelesaikan negosiasi kesepakatan akuisisi TikTok pada pertengahan September.