Kamis, 27 Agustus 2020

Tips Aman Cabut Flashdisk dari Laptop & Komputer! Tidak Perlu Remove USB Flashdrive Lagi!

Tips Aman Cabut Flashdisk dari Laptop & Komputer! Tidak Perlu Remove USB Flashdrive Lagi!

 Apakah Anda selalu "mengeluarkan" drive USB kamu sebelum mencabutnya? kamu dapat menghemat beberapa klik — dan beberapa waktu — dengan tips sederhana ini, karena kamu tidak perlu ribet harus klik remove usb flash drive lagi.

Pasti dulu sering dibilang kalau cabut flashdisk dari laptop atau komputer itu harus di eject atau di remove usb flashdisk dulu biar data-data lebih aman. Tapi ternyata sebenarnya itu hanya isu belaka haha.

Dengan kecanggihan teknologi, Berikut ini kita berikan tips biar bisa langsung cabut flashdisk dari laptop dan komputer kamu.

Pastikan Flashdisk Tidak Sedang Digunakan

Sebelum cabut flashdisk dari laptop atau komputer, pastikan kamu sudah tidak menggunakannya ya. Alias tidak ada proses copy paste, atau lagi tidak buka file dari flashdisk.

Karena pada Umumnya, ancaman terbesar terhadap data saat melepas drive USB adalah mencabutnya saat data sedang ditulis ke dalamnya. Ini mengganggu operasi tulis, dan file yang sedang ditulis atau disalin akan menjadi tidak lengkap atau bisa tetap sebagai file yang rusak.

Jadi, sebelum kamu mencabut drive USB apa pun dari PC kamu, pastikan semua file telah selesai disalin atau disimpan.

Tentu saja, terkadang sulit untuk mengetahui apakah komputer kamu menulis ke drive. Proses latar belakang dapat menulis padanya, atau program dapat menyimpan otomatis padanya. Jika kamu mencabut drive dan menghentikan proses ini, ini dapat menyebabkan masalah.

Beli Flashdisk Dengan LED

Sangat mudah untuk melihat saat beberapa drive USB sedang digunakan karena memiliki LED internal yang berkedip saat data sedang dibaca atau ditulis. Selama LED tidak berkedip, kamu dapat mencabut drive dengan aman.

Jika drive kamu tidak memiliki LED, lakukan yang terbaik untuk memastikan pencadangan latar belakang atau operasi penyalinan tidak dalam proses sebelum kamu mencabutnya.

Wajib: Aktifkan Mode Penghapusan Cepat di Device Manager

Secara default, Windows 10 mengoptimalkan drive USB sehingga kamu dapat menghapusnya dengan cepat tanpa harus menggunakan ikon pemberitahuan "Safely Remove Hardware". Ini dilakukan dengan menonaktifkan caching tulis.

Cache tulis dapat mempercepat tampilan penulisan disk USB, tetapi mungkin juga membuat kamu berpikir bahwa proses penulisan telah selesai saat masih berjalan di latar belakang.

Karena cache tulis dapat diaktifkan kembali di Pengelola Perangkat, kamu harus memastikannya dinonaktifkan jika kamu ingin cepat menghapus drive USB kamu tanpa mengeluarkannya di masa mendatang.

Untuk melakukan ini, klik tombol Start, ketik "Device Manager" di kotak Pencarian, lalu tekan Enter.

device manager

Klik panah di samping "Drive Disk", klik kanan drive USB eksternal, lalu pilih "Properti".


Di bawah tab "Policies", pilih tombol radio di samping "Quick Removal" (jika sudah dipilih, biarkan seperti itu), lalu klik "Oke".

quick removal

Tutup "Device Manager" dan kamu sudah siap! Di masa mendatang, kamu dapat mencopot drive USB tersebut dengan aman tanpa harus ribet klik remove usb safely setiap kali operasi tulis tidak sedang berlangsung.

Dilansir dari HowtoGeek