Senin, 10 Agustus 2020

8 Tips Rahasia Sukses Ngeblog

8 Tips Rahasia Sukses Ngeblog

Tips Rahasia Sukses Blogging - Menjadi seorang blogger yang sukses di dunia blogging tentunya dibutuhkan tekad yang kuat, serta pengetahuan yang luas tentang blogging. Nah. Bagi kamu yang ingin sukses di blogging, coba ikuti 8 tips blogging dibawah ini.

8 Rahasia Sukses Ngeblog

Mungkin kamu sering bertanya-tanya di dalam hati kenapa blog saya sepi? Susah mendatangkan pengunjung? Atau Susah mencari topik untuk dijadikan artikel? Jangan sedih, karena dalam artikel pertama ini kamu akan mengetahui rahasia besar untuk sukses di dunia blogging.

8 Tips Rahasia Sukses Blogging untuk Pemula


Ngeblog. Siapa sih yang tidak tahu dengan ngeblog atau blogging? Ya!! Pasti kamu yang sedang membaca artikel ini, saya yakin seratus persen kamu sudah tahu apa itu blogging.

Sebelum memasuki pembahasan inti dari artikel Tips Rahasia Blogging ini, mungkin ada sebagian dari kamu tidak mengetahui apa itu blogging? Jadi saya akan menjelaskan secara singkat apa yang dimaksud dengan blogging atau ngeblog.

Apa itu Blogging/Ngeblog?


Blogging adalah suatu website yang memberikan informasi, berita atau konten dalam bentuk teks dan gambar yang dikelola oleh seseorang maupun organisasi.

Semua sudah tahu kan apa yang dimaksud ngeblog? Tanpa cap cip cup lagi. Simak 8 tips blogging berikut.

8 Tips Rahasia Sukses Blogging untuk Pemula yang Wajib diketahui


Mungkin beberapa dari kalian sudah mengetahui sebagian apa yang akan saya bahas. Hehe tapi saya jamin, setelah membaca dan menerapkan 8 tips blogging ini, jangan kaget kalau blog mu dalam waktu singkat mendatangkan banyak pengunjung.

1. Tujuan Ngeblog


Salah satu alasan terbesar kenapa banyak sekali blogger pemula yang kehilangan semangat dalam dunia blogging. Hampir sembilan puluh lima persen, mereka yang terjun ke dunia blogging hanya memiliki satu tujuan, yaitu mendapatkan uang dari internet melalui AdSense.

Tidak ada salahnya kamu mulai ngeblog untuk mendapatkan uang, tapi, kamu juga harus memperhatikan isi konten yang ada di blog kamu. Jangan sampai kamu terlalu fokus pada AdSense, sampai melupakan kualitas konten yang seharusnya kamu posting.

Ingat!! Di dunia Blogging ini, CONTENT IS KING.

Jadi fokus lah terlebih dahulu mengisi konten-konten yang berkualitas di blog mu, baru deh kamu pikirkan AdSense.

2. Target Ngeblog


Ini juga sebenarnya menjadi salah satu hal yang membuat para blogger pemula lemes, karena kurangnya pemahaman tentang teknik ngeblog, mereka tidak tahu apa yang ditargetkan dari konten yang mereka buat.

Saya kasih contoh. Misalkan kamu membuat blog dengan niche yang membahas resep makanan, nah kan sudah pasti, isi artikelnya lekat dengan emak-emak dan para pecinta masakan, jadi target dari blog mu adalah orang-orang yang suka dengan masak-memasak.

Ya kalian tinggal share aja artikel kalian ke grup emak-emak atau grup masak memasak yang ada di Facebook. So pasti dengan cepat blog mu mendapatkan pengunjung. Jadi jangan sampai kalian salah target.

3. Niche Blog


Sebelum membuat blog, kamu terlebih dahulu harus menentukan niche yang ingin kamu bahas, dan apa saja yang perlu kamu lengkapi agar blog hanya fokus pada satu topik pembahasan saja.

Niche blog adalah topik konten yang akan menjadi pokok pembahasan utama blog, jadi alangkah baiknya jikalau blog kamu memiliki satu topik pembahasan. Jangan sampai blog mu menjadi blog gado-gado.

Berikut ini adalah beberapa niche blog yang paling banyak di cari:


  • Tutorial
  • Make Money
  • Kesehatan
  • Perawatan Hewan
  • Bisnis
  • Finance, dan

Teknologi


Jadi pikir baik-baik terlebih dahulu niche blog yang akan kamu pilih, apakah sudah sesuai dengan keahlian yang kamu miliki.

4. Setting Blog agar disukai Google


Nah, setelah menentukan niche yang tepat, langkah selanjutnya yaitu setting blog kalian, mulai dari Title, Deskripsi, robots.txt, sampai robot tajuk ya.

Pasti kamu bertanya kenapa harus men setting ke empat hal diatas? Sudah jelas ke empat hal tersebut sangat berpengaruh pada SEO dan mesin pencari untuk mengoptimalkan blog serta artikel-artikel yang kamu posting.

5. Cari Keyword yang Tinggi pencarian tapi Rendah Persaingan


CONTENT IS KING, mungkin banyak dari kalian, yang tidak mengetahui bagaimana sih cara cari keyword yang baik dan benar?

Untuk mendapatkan banyak pengujung, tentunya kualitas konten yang utama, usahakan kamu cari keyword yang jumlah pencarian nya tinggi, tetapi jumlah persaingan nya rendah.

6. Tulis Artikel yang Bermanfaat


Jika kamu sudah mendapatkan keyword yang saya bilang seperti diatas, maka... kamu tinggal membuat artikelnya.

Tidak tahu Cara membuat artikel? Gampang pakai saja rumus 5W + 1 H.

Atau kamu bisa memakai Cara yang saya gunakan.


  • Tentukan apa yang mau di bahas
  • Cari referensi yang terkait dengan pembahasan
  • Pendahuluan
  • Pembahasan (Isi Konten)
  • Penutup



Dengan pondasi artikel seperti diatas, sudah pasti blog mu terlihat lebih rapi dan akan disukai oleh Google.

7. SEO (Search Engine Optimize)


Nah ini dia yang membuat website mu bisa meledak rankingnya. SEO atau Search Engine Optimize adalah teknik para blogger untuk mendapatkan pengunjung yang banyak.

Dengan bermodalkan artikel keyword yang jumlah pencarian nya tinggi tetapi rendah persaingan. Mereka bisa mendatangkan seribu hingga puluhan ribu orang per hari di blog mereka.

8. TEKAD untuk menjadi seorang Blogger


Ini yang paling penting dari ketujuh poin diatas. Jadi kalau kamu mau ngeblog, maka senjata utama yang harus kamu miliki adalah tekad, karena kalau kamu tidak memiliki tekad yang kuat, mungkin saja beberapa bulan ke depan kamu sudah malas untuk ngeblog.

Jadi Tetap semangat ya!! Jangan sampai kalah dengan rasa malas.

Bagaimana? Kamu sudah mengetahui 8 Rahasia Sukses Ngeblog, jadi tinggal bagaimana kamu menjalankannya. Intinya, kamu jangan cepat menyerah. Yakin lah, kesuksesan itu akan datang.

Kesimpulan


Itulah tadi pembahasan tentang 8 Tips Rahasia Sukses Blogging untuk Pemula yang Wajib diketahui, mulai dari Tujuan Ngeblog, Target Ngeblog, Niche Blog, Setting Blogspot, Cari Keyword yang Tinggi pencarian tapi Rendah Persaingan, Tulis Artikel yang Bermanfaat, SEO dan Tekad untuk menjadi seorang blogger.

Semoga dengan artikel ini, wawasan dan pengetahuan tentang blogging mu bertambah, dan semoga kamu sukses menjadi blogger yang melahirkan konten-konten yang berkualitas.