Senin, 10 Agustus 2020

3 Tools Gratisan Pencari Kata Kunci Terbaik

3 Tools Gratisan Pencari Kata Kunci Terbaik

3 Tools Gratisan Pencari Kata Kunci Terbaik - Riset keyword merupakan hal yang sangat penting dilakukan sebelum menulis artikel blog. Riset keyword berfungsi untuk menemukan kata kunci yang cocok agar bisa digunakan pada website atau blog yang kamu buat.

Google Trends sebagai tools pencari kata kunci

Memilih kata kunci yang tepat ini sangat penting, karena akan berpengaruh pada performa blog atau website kamu di hasil pencarian. Jika kamu ingin menjadi penulis blog atau website, kamu harus mengetahui apa saja yang sering dicari oleh orang-orang di search engine atau Mesin Pencari seperti Google, Bing, Yahoo, Yandex.

Agar bisa mencari kata kunci yang tepat, kamu harus mengetahui dulu apa itu Keyword dan jenis-jenis keyword.

Apa itu keyword


Keyword atau kata kunci adalah susunan kata yang sering diketikkan oleh seseorang saat berselancar di internet. Kata-kata inilah yang menjadi kata kunci yang disimpan semua mesin pencari. Yang berarti kata apapun itu yang digunakan seseorang untuk mencari informasi di internet adalah kata kunci.

Jenis jenis keyword


keyword terbagi menjadi dua jenis yaitu:

1. Short Tail Keyword


Short tail keyword adalah jenis kata kunci pendek yang menggunakan dua kata saja. Contohnya seperti: Berita Terkini, Cara Ngeblog, Tutorial Blogging, Teknik SEO dan lain-lainnya.

2. Long tail keyword


Long tail keyword adalah penyempurnaan short tail keyword, atau bisa dibilang keyword turunan. Dengan menambahkan beberapa kata yang masih berkaitan dengan keyword utama. Contohnya seperti: Cara Menggunakan Google Keyword Planner, Cara Mendaftar Google AdSense, Tutorial SEO untuk pemula dan lain-lainnya.

Tools untuk mencari keyword gratis


Berikut ini adalah 3 Tools pencari kata kunci terbaik untuk riset keyword secara gratis:

1. Google Trends


Google Trends adalah website milik Google yang bisa kamu gunakan untuk mencari kata kunci yang cocok untuk mencari ide dan membuat artikel. Tools ini gratis, dan akan memberikan informasi kata kunci menggunakan grafik untuk membandingkan volume pencarian dari berbagai permintaan dari waktu ke waktu.

2. Google Keyword Planner


Google Keyword Planner adalah salah satu produk Google yang bisa digunakan secara gratis untuk mencari kata kunci, melihat estimasi trafik dari keyword yang ditargetkan. Google keyword Planner juga dapat membantu kamu mencari kata kunci yang relevan dengan niche blog atau website kamu.

3. Ubersuggest


Ubersuggest adalah tools gratis, dan sangat lengkap. Tools buatan Neil Patel ini dapat kamu gunakan untuk mengoptimasi dan mencari kata kunci untuk website atau blog kamu. Dengan menggunakan Ubersuggest kamu bisa mengetahui detail dari keyword yang kamu targetkan.

Kesimpulan


Itulah tadi pembahasan tentang tiga tools pencari kata kunci terbaik. Semoga dengan artikel ini, wawasan dan pengetahuan tentang blogging mu bertambah, dan semoga kamu sukses menjadi blogger yang melahirkan konten-konten yang berkualitas.