Kamis, 24 Desember 2020

5 Aplikasi Gratis Untuk Membuat Video Animasi Menarik

5 Aplikasi Gratis Untuk Membuat Video Animasi Menarik

Aplikasi Gratis untuk membuat video animasi

Video animasi sangatlah populer; industri pemasaran menggunakannya sebagai iklan, industri hiburan menggunakannya untuk film, sedangkan industri pendidikan menggunakannya sebagai media pembelajaran.

Untungnya, di era digital saat ini, membuat video animasi menjadi jauh lebih mudah dan cepat. Tak perlu bakat mendesain dan tak perlu mengeluarkan uang, banyak aplikasi gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat video animasi yang menarik dari awal.


Dari banyaknya aplikasi gratis untuk membuat video animasi di luar sana, bisa cukup sulit untuk menentukan aplikasi mana yang terbaik dan benar-benar kamu butuhkan. 


Nah, di artikel ini, kamu bisa menemukan referensi aplikasi-aplikasi terbaik yang sebaiknya kamu mulai gunakan untuk membuat video animasi sendiri.

#1. Animaker

Animaker memiliki tampilan yang sederhana dan fitur-fitur yang lengkap membuat aplikasi ini cocok digunakan untuk pemula. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat video animasi 2D, video explainer, whiteboard, bahkan infografik. 


Kamu bisa menambahkan musik latar dan efek untuk membuat video animasi mu lebih menarik. Ada banyak juga template yang siap pakai sehingga kamu bisa membuat video animasi dengan jauh lebih singkat.

#2. Blender

Blender merupakan aplikasi yang didesain khusus untuk membuat animasi 3D. Aplikasi ini memudahkan untuk mendesain karakter, latar, maupun ojek lain dalam format 3 dimensi. Beberapa fitur andalannya meliputi modeling, animating, sculpting, rigging, rendering, motion tracking, hingga VFX.


Karena memiliki fitur-fitur yang cukup kompleks dan komprehensif, Blender lebih banyak digunakan oleh animator profesional untuk memberikan sentuhan 3D di video animasi mereka maupun untuk membuat video game.

#3. OpenToonz

OpenToonz merupakan salah satu aplikasi pembuat video animasi yang paling populer di kalangan para pemula maupun profesional. Aplikasi ini bebas digunakan untuk kepentingan komersial maupun nonkomersial, sehingga kamu bisa menggunakannya untuk segala projek.


Dengan OpenToonz, kamu bisa menggambar vektor maupun bitmap dengan mudah. Selain itu, aplikasi ini juga memudahkanmu untuk menambahkan efek, mengganti warna, hingga menggabungkan animasi yang kamu buat dengan video.

#4. Pencil2D

Pencil2D dikenal karena tampilannya yang sengat sederhana dan mudah dimengerti. Jika kamu seorang pemula, kamu bahkan bisa dengan mudah beradaptasi dan mengenali fitur-fitur dari aplikasi ini dalam waktu yang sangat singkat.


Selain tampilannya yang lebih simple, Pencil 2D menawarkan fitur-fitur dasar yang kamu butuhkan  untuk membuat video animasi menarik. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat video animasi yang terlihat seperti gambaran manual dengan tangan, sehingga hasilnya lebih realistis dan fleksibel dengan menggunakan fitur frame-to-frame.

#5. PowToon

PowToon menjadi aplikasi pembuat video selanjutnya yang bisa kamu gunakan secara gratis. Meski pada dasarnya aplikasi ini didesain untuk membuat presentasi yang menarik, kamu tetap bisa menggunakannya untuk mendesain karakter dan membuat objek-objek 2D untuk video animasi.


Ada juga templates dengan berbagai desain karakter dan properti yang bisa kamu pilih sesuai keinginanmu. Jika kamu ingin mendapatkan akses untuk fitur-fitur lanjutan yang lebih lengkap dan profesional, kamu bisa membayar dengan mendaftar sebagai member premium.

Kesimpulan

Itulah beberapa aplikasi populer gratis yang memudahkanmu dalam membuat video animasi 2D. Setiap aplikasi tersebut memiliki keunggulan dan fitur uniknya masing-masing. Sehingga, hal yang perlu kamu perhatikan dalam memilih aplikasi pembuat video yaitu pastikan aplikasi yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, ekspektasi, dan harapan kamu



Author

Andre Oentoro, CEO dan Founder Videos.ID