Kamis, 07 Januari 2021

Prediksi tentang 8 Cara Teknologi Dapat Mengubah Dunia Pada Tahun 2025

Prediksi tentang 8 Cara Teknologi Dapat Mengubah Dunia Pada Tahun 2025


Setelah kembali berselancar di internet dan membaca beberapa situs informasi teknologi yang memaparkan tentang teknologi dimasa depan untuk mengubah dunia menjadi tampilan yang beda. Dari beberapa pakar perintis dunia teknologi mereka memberikan tentang sedikit gambaran mereka mengenai teknologi dimasa depan.


Dari komputer kuantum dan 5G yang bekerja hingga mengelola kanker secara kronis, berikut adalah prediksi mereka pakar teknologi untuk teknologi dimasa depan:


1. Transformasi energi yang menjangkau jauh


Pada tahun 2025, jejak karbon akan dipandang sebagai hal yang tidak dapat diterima secara sosial, seperti halnya mengemudi sambil minum saat ini. Pandemi COVID-19 akan memusatkan perhatian publik pada perlunya mengambil tindakan untuk menghadapi ancaman terhadap cara hidup, kesehatan, dan masa depan kita. 

Perhatian publik akan mendorong kebijakan pemerintah dan perubahan perilaku, dengan jejak karbon menjadi subjek pengawasan dunia. Individu, perusahaan, dan negara akan mencari cara tercepat dan paling terjangkau untuk mencapai net-zero - penghapusan jejak karbon mereka. 

Penciptaan masa depan bersih nol yang berkelanjutan akan dibangun melalui transformasi energi yang menjangkau jauh yang secara signifikan mengurangi emisi karbon dunia, dan melalui munculnya industri manajemen karbon besar-besaran yang menangkap, memanfaatkan, dan menghilangkan karbon dioksida.


2. Era  baru komputasi


Pada tahun 2025, komputasi kuantum akan melampaui masa pertumbuhannya, dan perangkat komersial generasi pertama akan dapat mengatasi masalah dunia nyata yang berarti. Salah satu aplikasi utama dari jenis komputer baru ini adalah simulasi reaksi kimia yang kompleks, alat yang ampuh yang membuka jalan baru dalam pengembangan obat. 

Perhitungan kimia kuantum juga akan membantu desain bahan baru dengan sifat yang diinginkan, misalnya katalis yang lebih baik untuk industri otomotif yang mengekang emisi dan membantu melawan perubahan iklim. Saat ini, pengembangan bahan farmasi dan kinerja sangat bergantung pada trial and error, yang berarti prosesnya berulang, memakan waktu, dan sangat mahal. Komputer kuantum mungkin segera dapat mengubah ini.


3. Pergeseran paradigma kesehatan ke pencegahan melalui pola makan


Pada tahun 2025, sistem perawatan kesehatan akan mengadopsi pendekatan kesehatan yang lebih preventif berdasarkan ilmu pengetahuan yang berkembang di balik manfaat kesehatan dari pola makan kaya nutrisi dan nabati.

Tren teknologi ini akan dimungkinkan oleh teknologi berbasis AI dan sistem biologi yang secara eksponensial menumbuhkan pengetahuan kita tentang peran fitonutrien makanan tertentu dalam kesehatan manusia dan hasil fungsional tertentu. 

Setelah pandemi tahun 2020, konsumen akan lebih sadar akan pentingnya kesehatan yang mendasarinya dan akan semakin menuntut makanan yang lebih sehat untuk membantu mendukung pertahanan alami mereka. Berbekal pemahaman yang lebih dalam tentang nutrisi, industri makanan global dapat merespons dengan menawarkan pilihan produk yang lebih luas untuk mendukung hasil kesehatan yang optimal.


4. 5G akan meningkatkan ekonomi global dan menyelamatkan nyawa


Teknologi telah mengalami peningkatan tajam dalam layanan pengiriman dengan kebutuhan akan barang "hari-hari" dari penyedia seperti Amazon dan Instacart namun itu terbatas. Dengan jaringan 5G yang diikat langsung ke bot otonom, barang akan dikirim dengan aman dalam beberapa jam.

Wifi tidak dapat diskalakan untuk memenuhi permintaan kapasitas yang lebih tinggi. Berlindung di tempat telah memindahkan bisnis dan ruang kelas ke konferensi video, menyoroti jaringan berkualitas buruk. Jaringan 5G latensi rendah akan menyelesaikan kurangnya keandalan jaringan ini dan bahkan memungkinkan layanan berkapasitas lebih tinggi seperti layanan telehealth, telesurgery, dan ER.

 Bisnis dapat mengimbangi biaya mobilitas yang tinggi dengan aktivitas yang meningkatkan ekonomi termasuk pabrik pintar, pemantauan waktu nyata, dan layanan komputasi tepi waktu nyata yang intensif konten. Jaringan pribadi 5G memungkinkan hal ini dan mengubah ekonomi layanan seluler.

Peluncuran 5G menciptakan pasar yang hanya kita bayangkan seperti bot yang mengemudi sendiri, bersama dengan ekonomi mobilitas sebagai layanan - dan lainnya yang tidak dapat kita bayangkan, memungkinkan generasi berikutnya untuk menemukan pasar yang berkembang dan tujuan yang makmur.


5. Teknologi baru dalam mengelola kanker


Teknologi menggerakkan data, data mengkatalisasi pengetahuan, dan pengetahuan memungkinkan pemberdayaan. Di dunia masa depan, kanker akan ditangani seperti kondisi kesehatan kronis lainnya kita akan dapat dengan tepat mengidentifikasi apa yang mungkin kita hadapi dan diberdayakan untuk mengatasinya.

Dengan kata lain, keadaan normal baru akan muncul dalam cara kita menangani kanker.  akan melihat skrining yang lebih awal dan proaktif dengan inovasi diagnostik yang ditingkatkan, seperti dalam teknologi pengurutan genom yang lebih baik atau dalam biopsi cair, yang menjanjikan kemudahan pengujian yang lebih tinggi, akurasi yang lebih tinggi, dan idealnya dengan biaya yang terjangkau. 

Deteksi dan intervensi dini pada jenis kanker umum tidak hanya akan menyelamatkan nyawa tetapi juga mengurangi beban finansial dan emosional dari penemuan yang terlambat.

Kita juga akan melihat revolusi dalam perawatan yang didorong oleh teknologi. Pengeditan gen dan imunoterapi yang membawa lebih sedikit efek samping akan membuat kemajuan yang lebih besar. Dengan kemajuan dalam skrining awal dan pengobatan berjalan seiring, kanker tidak lagi menjadi kata 'C' terkutuk yang menginspirasi ketakutan seperti itu di antara orang-orang.


6. Ruangan fisik di dukung  virtual reality


Satu hal yang ditunjukkan oleh pandemi saat ini kepada kita adalah betapa pentingnya teknologi untuk memelihara dan memfasilitasi komunikasi tidak hanya untuk tujuan pekerjaan, tetapi untuk membangun hubungan emosional yang nyata. 

Dalam beberapa tahun ke depan kita dapat berharap untuk melihat kemajuan ini semakin cepat, dengan teknologi AI yang dibangun untuk menghubungkan orang-orang pada tingkat manusia dan mendorong mereka lebih dekat satu sama lain, meskipun secara fisik mereka terpisah. Garis antara ruang fisik dan virtual selamanya akan kabur.

Saya  mulai melihat kemampuan untuk acara global - dari SXSW hingga Festival Glastonbury - untuk memberikan alternatif yang sepenuhnya digital, lebih dari sekadar streaming langsung sederhana hingga pengalaman penuh. Namun, ini tidak sesederhana hanya menyediakan layanan ini - privasi data harus diprioritaskan untuk menciptakan kepercayaan di antara konsumen. 

Pada awal pandemi COVID-19  banyak berita tentang di beberapa platform teknologi dan informasi akan kekhawatiran atas keamanan perusahaan konferensi video. Kekhawatiran ini tidak ke mana-mana dan dengan meningkatnya konektivitas digital, merek tidak mampu memberi pengguna apa pun yang kurang dari transparansi penuh dan kontrol atas data mereka.

7. Era baru dalam pengobatan

Kedokteran selalu berusaha mengumpulkan lebih banyak pengetahuan dan pemahaman tentang biologi manusia untuk pengambilan keputusan klinis yang lebih baik. AI adalah alat baru yang memungkinkan kita mengekstrak lebih banyak wawasan pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya dari semua 'data besar' medis yang tidak pernah benar-benar dimanfaatkan sepenuhnya di masa lalu. Ini akan mengubah dunia kedokteran dan cara praktiknya.


8. Masa depan konstruksi sudah dimulai


Konstruksi akan menjadi urutan proses manufaktur yang disinkronkan, memberikan kontrol, perubahan, dan produksi dalam skala besar. Ini akan menjadi cara yang lebih aman, lebih cepat, dan lebih hemat biaya untuk membangun rumah, kantor, pabrik, dan bangunan lain yang kita butuhkan untuk berkembang di kota dan sekitarnya.

Karena kumpulan data yang kaya dibuat di seluruh industri konstruksi melalui internet of things, AI dan pengambilan gambar, untuk beberapa nama, visi ini sudah menjadi nyata. Menggunakan data untuk memahami proses industri secara mendalam meningkatkan kemampuan profesional lapangan untuk mempercayai naluri mereka dalam pengambilan keputusan waktu nyata, memungkinkan pembelajaran dan kemajuan sambil mendapatkan kepercayaan dan adopsi.

Data yang dapat ditindaklanjuti menjelaskan hal yang tidak dapat kita lihat sebelumnya, memberdayakan para pemimpin untuk mengelola proyek secara proaktif daripada secara reaktif. Presisi dalam perencanaan dan pelaksanaan memungkinkan profesional konstruksi untuk mengontrol lingkungan, alih-alih mengontrolnya, dan menciptakan proses berulang yang lebih mudah dikendalikan, diotomatiskan, dan diajarkan. inilah masa depan konstruksi. Dan sudah dimulai.


Bagaimana teknologi akan mengubah dunia dalam lima tahun ke depan?


Itulah 8 cara teknologi mengubah dunia di tahun 2025 nantinya. Pastinya banyak cara dan hal yang tidak saya sebutkan diatas yang akan membangun dunia ke dalam peradaban digital dan modernisasi yang lebih.

Sangat menarik untuk melihat kecepatan dan potensi transformatif dari teknologi inovatif saat ini yang diterapkan untuk memecahkan masalah dunia yang paling mendesak, seperti memberi makan populasi global dan terus bertambah meningkatkan akses dan kualitas perawatan kesehatan; dan secara signifikan mengurangi emisi karbon untuk menahan efek negatif dari perubahan iklim. 

Lima tahun ke depan akan terlihat peningkatan besar dalam mengatasi tantangan ini karena para wirausahawan, komunitas investasi, dan organisasi Litbang perusahaan terbesar di dunia fokus pada pengembangan dan penerapan solusi yang akan memberikan hasil yang nyata.

Sementara pandemi COVID-19 telah memberikan pelajaran yang sulit tentang betapa rentannya dunia kita saat ini terhadap kekacauan manusia dan ekonomi, pandemi COVID-19 juga - mungkin untuk pertama kalinya dalam sejarah
mengharuskan kolaborasi global, transparansi data, dan kecepatan di tingkat tertinggi pemerintah untuk meminimalkan ancaman langsung terhadap kehidupan manusia. 

Sejarah akan menjadi penilai, tetapi terlepas dari tekad heroik dan ketahanan berdasarkan negara demi negara, dunia yang telah berkinerja buruk. Sebagai komunitas global dan melalui platform seperti Forum Ekonomi Dunia, kita harus terus menghadirkan visibilitas ke masalah ini sambil mengenali dan mendukung peluang untuk teknologi dan inovasi yang dapat mengatasinya dengan terbaik dan paling cepat.